Lembar Kerja Siswa "Magnet And The Hole"
08/01/16
LEMBAR KERJA SISWA
MAGNET AND THE HOLE
KELOMPOK 2
Anggota : 1. Anggy Desmita Pratiwi
2. Asti Tri Artanti
3. Fifi Anggraeni
4. Iis Irmawati
5. Lisa Nurusifa
6. Siti Haryati
KELAS : 5A
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
LEMBAR KERJA SISWA
MAGNET AND THE HOLE
Kelompok :
Nama : 1.
2.
3.
4.
5.
Kelas :
Materi :
Persamaan Linear Satu Variabel
Standart Kompetensi : Memahami bentuk
aljabar, persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
Kompetensi Dasar : 2.3.Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel.
Indikator :
·
Menjelaskan PLSV
dalam berbagai bentuk dan variabel
· Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua
ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau
dibagi dengan bilangan yang sama
·
Menentukan penyelesaian PLSV
·
Menentukan
penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
A.
Rangkuman
Materi
Persamaan adalah suatu pernyataan matematika dalam bentuk simbol
yang menyatakan bahwa dua hal adalah persis sama. Dari bentuk-bentuk 3(x – 1) + x dan –x + 7, kita dapat membentuk persamaan
yang merupakan suatu persamaan linear satu variabel (PLSV). Untuk
menyelesaikan suatu persamaan, kita harus menentukan nilai dari x sedemikian sehingga persamaan tersebut
menjadi benar, yang berarti, nilai dari ruas kiri sama dengan ruas kanan.
Perhatikan tabel berikut.
Berdasarkan tabel di atas, kita dapat menemukan
bahwa persamaan 3(x –
1) + x = –x + 7 akan bernilai benar ketika kita
mengganti x dengan
bilangan 2, dan akan salah jika kita mengganti x dengan bilangan selain 2. Bilangan
pengganti yang dapat menyebabkan suatu persamaan bernilai benar disebut selesaian atau akar.
Persamaan linear satu variabel adalah kalimat
terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) dan hanya mempunyai satu
variabel berpangkat satu. Bentuk umum persamaan linear satu variabel adalah ax
+ b = 0 dengan a ≠ 0.
Penyelesaian PLSV 3 Cara untuk menyelesaikan
PLSV 1) Dengan Subtitusi, 2) Dengan Penyelesaian bentuk SETARA
(Equivalen), 3) Dengan mengumpul-kan suku yang sejenis.
B. Kegiatan Belajar
Nama alat peraga : Magnet And The Hole
Bahan : Triplek, seng,
magnet, skotlet, pilok, dan lem lilin
Alat : Spidol, alat lem
tembak, gunting, penggaris, dan pensil
Menyelesaikan persamaan dengan menggunakan
tabel akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, kita dapat
menyelesaikannya dengan menggunakan alat peraga magnet and the hole.
Cara Penggunaan / Petunjuk Kerja
Keterangan: alat peraga Magnet
And The Hole ini digunakan untuk mengkontekstualkan penyelesaian
persamaan linear satu variabel dengan domain x={x| -5≤x≤10}, dan dengan
koefisien x non negatif.
1.
Ambil pertanyaan di dalam
kotak yang disediakan.
2.
Pasangkan kartu box
variabel “x“ dan “1“ sebanyak sesuai dengan pertanyaan. Misal jika pertanyaan
2x + 1 = x + 2, maka pasangkan kartu box “x“ sebanyak 2 buah di sebelah kiri
dan 1 buah di kanan tanda “=“; serta pasangkan kartu box “1“ sebanyak 1 buah di
sebelah kiri dan 2 buah di sebelah kanan tanda “=“.
3.
Jika di kedua sisi
terdapat 2/lebih kartu yang sama, maka ambilah masing-masing 1 kartu di sebelah
kiri dan kanan tanda “=“ secara bersamaan, sehinga di kedua sisi benar-benar
tidak ada kartu yang sama.
4.
Jika di salah satu sisi terdapat
dua/lebih kartu variabel “x“, maka bagilah wilayah tersebut menjadi sebanyak
kartu variabel “x“ yang tersisa, sehingga masing-masing kartu variabel mendapat
nilai yang sama.
5.
Jika di salah satu sisi
terdapat satu/lebih kartu box variabel “x“ dan “1“ sedangkan di sisi yang lain
tidak ada sama sekali kartu, maka ambillah kartu box “1“ pada sisi tersebut dan
penutup lubang/hole di sisi yang lain secara bersamaan, sehingga
kartu box “1“ di sisi yang sama dengan kartu box variabel “x“ habis, sehingga
terbuka lubang yang berisi “-1“.
6.
Khusus untuk pertanyaan
dengan konstanta negatif, maka untuk mendapatkan nilai konstanta negatif,
bukalah penutup lubang sebanyak sesuai pertanyaan. Misal 2x - 2= x + 1, maka
untuk mendapatkan nilai negatif 2, bukalah penutup lubang sebanyak 2 di
sebelah kiri tanda “=“. Sedangkan untuk suku yang lainnya sama dengan proses di
atas. Untuk megoperasikan, tutuplah lubang itu dengan bersamaan memberi
kartu bernilai “1“ di sisi yang lain. Sedangkan proses yang selanjutnya sejalan
dengan proses di atas.
C.
Kerjakan
soal-soal berikut dengan mengunakan alat peraga
1. 2x + 2 = x + 3
2. 4x - 2 = x - 3
3. -3x + 7 = -x + 3
4. 3x + 4 = 5x - 8
5. 2x + 7 = 5x - 5
Label: Kuliah
0 comments