Yuk, Ikuti 7 Kebiasaan Rosulullah Tiap Hari!

09/08/17

// I like it when you sleep, for you are so beautiful, yet so unaware of it //
 Apa yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ, tentu menjadi pedoman yang cukup penting bagi kita. Pasalnya, Rasulullah merupakan utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka, beliau adalah orang pilihan yang langsung diberitahukan jalan kebenaran oleh-Nya. Sehingga, mengikuti Rasulullah, sama halnya kita sedang berjalan di jalan kebenaran.
.
Ternyata, setiap harinya, Rasulullah terbiasa melakukan tujuh hal ini lho! Apa sajakah itu?
.
1. Bangun Shubuh
Kebiasaan pertama Rasulullah yang bisa dikerjakan oleh umatnya setiap hari adalah bangun shubuh. Diriwayatkan dari Aisyah bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda, “Bersegeralah dalam mencari rezeki dan kebutuhan (hajat) karena dalam kesegeraan (pergi pagi) itu terdapat keberkahan dan kesuksesan,” (HR. Thabrani).
.
2. Tersenyum
Tersenyum menjadi salah satu kebiasaan dari Rasulullah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari. Dengan tersenyum, maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah dan mempererat tali persaudaraan.
.
3. Menggunakan Siwak
Bersiwak berfungsi untuk menyegarkan mulut dan menghilangkan bau tidak sedap. Biasanya Rasulullah melakukan kegiatan ini ketika baru bangun tidur. Amalan ini merupakan bukti keteladanan Rasulullah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan.
.
4. Berbicara yang Baik atau Diam
Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya (hadis no. 6474) dari Sahl bin Sa’id bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) sesuatu yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, kuberikan kepadanya jaminan masuk surga.”
.
5. Makan dan Minum Sambil Duduk
Ada banyak adab makan dan minum dalam agama Islam. Salah satu yang disunnahkan oleh Rasulullah ﷺ ketika makan dan minum adalah dengan duduk.
.
6. Tidur Menghadap Ke Kanan
Tujuannya adalah agar makanan dapat masuk ke dalam lambung dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang berada agak ke samping kiri.
.
7. Mengucapkan Salam dan Bismillah Saat Memasuki Rumah
Sunnah terakhir yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin dalam kehidupannya adalah dengan mengucapkan salam dan bismillah ketika memasuki rumah.
.
Wallahu a'lam | Semoga bermanfaat | via islampos.com | #islamiQpedia

Label:





0 comments

Posting Komentar


Kio