Zambia Telah Menerapkan Cuti Haid Full Bagi Pekerja

29/08/17

 aestheticales:  cxramels:  balmhic:  lhustinq:  ungolde:  u n g o l d e  Lhustinq  balmhic  ⇢ C X R A M E L S ⇠  //
Coba Indonesia seperti Zambia. Eh? Memangnya ada apa di Zambia?
.
Zambia mulai memberlakukan menstrual leave atau cuti menstruasi pada awal Januari 2017 kemarin. Zambia mengikuti jejak Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Inggris, dan Indonesia yang sudah lebih dulu mengatur cuti menstruasi ini dalam undang2 ketenagakerjaan masing2.
.
Setiap pekerja wanita di Zambia berhak mengambil cuti sebulan sekali pada saat menstruasi tanpa perlu memberi tahu perusahaan. Sekalipun cuti, para pekerja wanita ini masih mendapatkan hak upahnya secara penuh. Aturan ini berlaku bagi semua wanita, baik yang sudah menikah atau belum.
.
Nyatanya hak cuti menstruasi yang diberikan berbagai negara ini menuai berbagai kontroversi. Salah satunya seperti yang terjadi di Jepang, banyak tenaga kerja wanita yang menolak mengambil cuti dengan alasan malu meminta izin kepada atasan, takut merepotkan rekan kerja, atau tidak ingin dicap lemah oleh lingkungan.
.
Indonesia sebenarnya memiliki undang2 pemberlakukan cuti menstruasi bagi wanita. Aturan ini dibahas dalam Pasal 13 UU No 1 Tahun 1951 tentang Pernyataan Berlakunya UU Kerja No.12 Tahun 1948 disebutkan bahwa buruh perempuan berhak mendapat cuti haid pada hari pertama dan kedua haid, dengan tetap memberikan upah.
.
UU No. 1 Tahun 1951 juga menyatakan bahwa pelanggaran terhadap ketentuan normatif--seperti hak cuti, termasuk cuti haid-- dapat diberi sanksi pidana. Artinya, jika ada buruh yang meminta cuti haid, namun perusahaan tidak memberikan, perusahaan itu dapat dikenakan sanksi pidana.
.
UU No 1 Tahun 1951 yang mengatur mengenai cuti haid dan hak normatif lainnya sebenarnya akan diperbaharui dalam RUU Pembinaan dan Perlindungan Ketenagakerjaan (RUU PPK). Namun karena sampai saat ini RUU tersebut belum diundangkan, masih tetap berlaku UU No 1 Tahun 1951 tersebut.
.
Namun hal ini dikembalikan kepada perusahaan masing-masing. Nyatanya banyak perusahaan yang tidak memberlakukan cuti ini. bahkan cuti haid atau menstruasi cenderung kurang popular dibanding cuti-cuti lainnya.
.
Semoga bermanfaat | via ummi-online.com | #islamiQpedia

Label:





0 comments

Kio